Ayo Kita Jadikan Rutinitas Amalan Amalan Di Hari Jumat

Ayo Kita Jadikan Rutinitas Amalan Amalan Di Hari Jumat


Hari yang istimewa dimana ini adalah hari yang mustajab untuk kita memohon doa kepada allah saw,di hari ini alangkah baiknya kita memperbanyak istighfar kepada allah dan bersholawat kepada nabi muhamad saw. diriwayatkan dalam HR. Baihaqi, yang terdapat dalam dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi, dengan memperbanyak shalawat pada hari Jumat, kita akan menjadi lebih dekat dengan Allah.

Hari Jum'at hari yang istimewa yang bisa kita sambut dengan penuh kebahagiaan,berikut adalah beberapa keisimewaan hari jum'at.

KEUTAMAAN DAN KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT


1.Di ampuni dosa dari jum'at ke jum'at

Rutinitas di hari ini sangat banyak manfaat bagi kita,oleh karena itu bagi umat muslim yang taat hari ini adalah hari yang di tunggu-tunggu,insya alaah banyak keberkahan yang akan kita dapatkan di hari jum'at termasuk diampuni dosa seminggu kedepan.

Seperti diriwayatkan Salman Al Farisi dalam HR. Bukhari, Nabi pernah bersabda:
“Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, nescaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.”

2.Hari Jum'at Waktu Mustajab Untuk Berdo'a

Banyak waktu-waktu yang baik untuk berdoa seperti diantara adzan dan iqomah,saat hujan,saat sepertiga malam dan hari jum'at adalah waktu yang baik untuk berdoa dan bersholawat kepada baginda nabi muhamad saw.

3.Keberkahan Di Hari Jum'at


Berkah adalah salah satu do'a yang kita panjatkan betapa kita ingin keberkahan rizki dan berkahnya umur jadi kita jangan sampai lewatkan keberkahan di hari jumat , dengan cara  shalat Jumat setara dengan pahala setahun puasa dan shalat, keutamaan hari Jumat juga akan membuat kamu menerima pahala yang dikatakan setara dengan jumlah yang didapat dalam setahun puasa dan shalat. Untuk itu, seperti dinyatakan dalam HR. Ahmad dan Ashabus Sunan oleh Ibnu Huzaimah, umat muslim diimbau untuk segera pergi ke masjid pada hari Jumat dan kemudian mengambil shaf terdepan.

4.Hari Terbaik Untuk Bersedekah Dan Amal Jariah

Sedekah di hari jum'at juga salah satu amalan yang baik apalagi bila sedekah jariah yang akan membawa pahala berlimpah,Apalagi jika sedekah yang kamu lakukan tergolong amal jariyah seperti membangun masjid atau memberi makan dan minum kaum dhuafa.

Masih banyak keutamaan hari jum'at nah di hari baik ini sangat dianjurkan untuk melakukan amalan amalan yang insya allah dapat membawa kita semakin dekat dengan allah serta rosulullah saw siapa yang mau ? berikut amalanya.

1.Memperbanyak Doa

Sebagai muslim doa adalah senjata dan doa juga merupakan sarana kita mendekatkan diri kepada allah - bila di hari hari biasa kita sudah banyak berdoa hari jum'at ini ayo kita lebih banyak lagi berdoa kepada allah,apalagi bila kita yang sedang mengalami masalah ayo doa doa doa seperti yang di riwayatkan.

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta" Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

2.Membersihkan Diri

Sesuai sunnah rosulullah Saw kita membersihkan diri menyambut hari ju'at dan melaksanakan sholat jum'at,dengan cara membersihkan kuku,memotong rambut , memakai minyak wangi,memakai baju yang terbaik untuk melaksanakan sholat jum'at.

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum'at". (HR. Bukhari).

3.Membaca Surat Al kahfi

Amalan hari Jumat berikutnya membaca Surah Al Kahfi. Membaca surat ini bisa dilakukan pada malam atau siang hari pada Hari Jumat. Keutamaan membaca surat ini,insyaallah dengan izin allah akan memberikan ketenangan hati hingga satu pekan kemudian. Ketenangan hati Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

4.Membaca Surat Yasin

Surat Yasin Yang sering di baca ketika malam jum'at ,Keutamaan membaca Surat Yasin ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud sebagai berikut. "Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

5.Perbanyak Sholawat Dan Dzikir

Bagi umat muslim hari jum'at adalah dimana hari untuk kita lebih semangat dan memperbanyak sholawat dan dzikir selain untuk bekal kita di akhirat nanti ini adalah sarana kita mengingat alaah dan rosulullah juga mendekatkan diri kepada allah dan rosulnya yang allah cintai.

Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda: "Maka perbanyaklah (selawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya selawat kalian akan ditampakkan kepadaku" (H.R Abu Daud no.1047 hadis shahih).

6 Bersedekah

Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan". (Imam al-Syafi'i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

7. Salat Jumat

Salat Jumat wajib hukumnya bagi kaum laki-laki. Apabila telah meninggalkan salat Jumat sebanyak tiga kali maka tergolong orang yang fasik. Disunahkan menyegerakan pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Jumat.

Ayo Kita Jadikan Rutinitas Amalan Amalan Di Hari Jumat  karena hari jum'at sangat spesial sayang kalau kita melewatkanya begitu saja.semoga info ini bermanfaat ayo kita sama sama belajar mendekatkan diri kepada allah dan rosulullah muhamas saw.

Sumber referensi

1.https://blog.kitabisa.com/keutamaan-hari-jumat-hari-penuh-berkah/
2.https://news.detik.com/berita/d-4713789/7-amalan-hari-jumat-yang-dianjurkan
3.bandungkita.id
Jual Kelinci Hias Fuzzy Lop 3 Color Lembang